День Побе́ды (victory day) – Izhevsk


Setiap tanggal 9 Mei, di Russia dirayakan День Побе́ды (victory day) yang berarti hari kemenangan Uni Sovyet dalam perang dunia ke 2 melawan Nazi Jerman. Di Izhevsk, dirayakan peringatan acara tersebut dengan upacara yang dimulai pukul 8 pagi bertempat di centralnaya plochad yang dihadiri oleh presiden Republik Udmurtiya dan veteran perang atau orang orang yang berjasa di perang tersebut. Sekilas acara yang di gelar di Izhevsk cukup sederhana, setelah upacara tersebut, acara dilanjutkan dengan konvoi parade.

Parade tersebut diikuti oleh pemuda pemudi yang membawa foto pejuang pejuang dalam perang tersebut dan diikuti oleh konvoi militer. Militer di kota izhevsk menjadi point penting bagi kota ini, dikarenakan pabrik senjata legendaris avtomat kalashikov berada disini. Menurut pengamatan saya, tidak ada konvoi militer yang terlalu menonjol seperti layaknya di Moskow, disini hanya terdapat beberapa Tank, kendaraan lapis baja serta, kendaraan perang tua yang masih terawat.

Selain acara upacara dan parade, di centralnaya plochad juga di gelar seperti pasar rakyat. Banyak atraksi permainan anak anak, kios-kios makanan, sertia kios kios lainnya. Cukup menarik memang, sayang nya untuk kios makanan halal cukup sulit ditemukan dikarenakan kebanyakan makanan yang dijaja berbahan dasar babi, tetapi saya mencatat setidaknya ada satu kios yang menjajakan makanan halal. Hal ini cukup dimaklumi dikarenakan banyak juga pengunjung yang beretnis lain yang beragama muslim.

Dari segi pengamanan tidak begitu ketat, seperti biasanya di Izhevsk gejolak gesekan antar etnis atau antar agama tidak terjadi. Hanya beberapa polisi dan tentara berjaga jaga, tanpa mengunakan persenjataan lengkap. Pengunjung pun bebas berfoto foto dengan para veteran dan memberikan bunga mawar kepada para veteran tersebut.

Hal menarik lainnya dari Etnis selatan Rusia, yang berasal dari Tajik, kazakh, uzbek (saya belum dapat mengenal dari wajah meraeka termasuk etnis mana), tapi dari wajah mereka terlihat bahwa mereka bukan etnis russia, selain itu ketika berbicara mereka menggunakan bahasa bukan Russia. Mereka pun tidak ketinggalan mengikuti pasar rakyat di centralnaya ploshad tersebut. Dan cukup menarik disalah satu stand kios dimana disana kita dapat mengadu otot, dengan cara pull up di tiang besi. Mereka sangat antusias mengikuti permainan tersebut, dan sayangnya selama setengah jam saya menunggu tidak ada satu pun yang berhasil bertahan sampai dengan dua menit.

Sayapun berpindah kelain kios, cukup mengejutkan dilain kios dijajakan senjata asli dan peralatan perang lainnya. Dari perbincangan yang saya dengar senjata tersebut sudah tidak berfungsi hanya untuk pajangan tapi bagi saya pribadi hal tersebut cukup menghawatirkan. Kios lainnya ada juga tembak balon dengan mengugunakan panah yang dilembar, setengah jam saya memperhatikan, tidak ada satu pun yang menang dikios tersebut, saya perhatikan bahwa ada panah yang mengenai balon dan balon tersebut tidak meledak. muncuk pertannyaan saya yang salah panah atau balonnya atau orangnya yang kurang kuat power dalam melempar, silahkan dianalisa sendiri, hehe

Kios kios yang menjajakan kacamata hitam pun tidak ketinggalan, dikarenakan memang matahari di tempat ini jreng didepan wajah kita, kacamata hitam tidak sekedar trend, tetapi kewajiban. Kios kios lainnya menjajakan gulali yang memang disenangi anak anak, suhu pada saat itu berkisar antara 10 sampai 18 derajat celcius, bagi saya orang asiatenggara, suhu tersebut masih termasuk dingin, tapi bagi orang ditempat ini suhu tersebut atlichna/perfect dengan matahari yang terik menggunakan kacamata hitam dan mengemut eskrim. saya pun tak berhasrat untuk membeli eskrim.

Kios lainnya yang cukup menarik adalah jual handphone. Cukup ramai yang membeli dikios tersebut, harga handphone tersebut 1000 rubel atau sekitar 360.000, saya tidak sempat melihat lebih jelas dikarenakan terlalu ramai. Tapi yang cukup menarik adalah tulisan disapnduk bahwa handphone tersebut (original) bukan china. Entahlah, hehe, teman saya yang berasal dari china terkadang tersenyum getir sambil berkata, semua bisa kami buat!

Sekilas cerita saya tentang Victory Day di izhevsk.

Teman saya berkata, Saya bangga menjadi orang Indonesia yang mempunyai hari kemerdekaan! bukan hari kemenangan! independence day more better than victory day!

 

DSC_00yy12
Pemuda pemudi membawa foto pahlawan pahwalan telah gugur
DSC_002za0
pengunjung dari berbagai usia dengan semangat memperhatikan parade
DSC_00nn29
bendera uni sovyet pun turut dikibarkan
DSC_00gff48
salah satu grup dari angkatan bersenjata Rusia
DSC_007ppp6
Tradisi, kualitas, dan harapan, Kalashikov
DSC_01vvv07
Panggung konser

 

DSC_0110
Air mancur diaktifkan kembali, setelah membeku di musim dingin
DSC_0114bbb
dari berbagai lapisan usia berkumpul dan berbincang bincang
DSC_0116cdc
pedagang kacamata hitam cukup laris
DSC_0ff117
Gulali dan pocorn pun menjadi favorit anak anak
DSC_0119
Senjata!
DSC_01cc24
Hadian dari tembak balon
DSC_0132
permainan anak anak
DSC_0136
komedi putar
DSC_013vvvc9
Adu otot
DSC_0144
Jual handphone original, non china
DSC_0146
Kios di centralnaya ploshad
Advertisements

Author: ridhobustami

orang ngak jelas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s