Гвоздика


Cukup menarik jika saya menemukan kata Indonesia ketika saya bertandang ke supermarket , pasar, jalanan ataupun kebun binatang di Rusia. Entah itu namanya nasionalisme atau kangen Indonesia.

Saya akan bercerita salah satu pengalaman saya menemukan kata Индонезия (baca: Indonesia) ketika saya berbelanja produk masakan. Гвоздика (baca: gvozdika) atau yang kita kenal dengan cengkih.

DSC_0216

DSC_0218x

Cukup menarik tentang cengkih ini jika kita perhatikan. Cengkih memang tumbuhan asli dari Maluku. Yang sampai membuat  VOC  perusahaan dagang Belanda saat itu sampai dapat memonopoli perdagangan cengkih pada abad 17. Konon pada abad 17 harga cengkih sama dengan emas di Eropa dikarenakan tingginya biasa impor. Tetapi kejayaan cengkeh Maluku tidak bertahan lama dikarenakan Perancis berhasil membudidayakan cengkeh di Zanzibar, Afrika yang memang terletak didaerah katulistiwa.

Bagi penggemar rokok kretek mungkin sudah sangat hafal dengan aroma cengkeh yang konon katanya salah satu faktor membuat sulit pindah ke rokok lainnya. Rokok kretek memang percampuran yang pas antara tembakau dengan cengkeh, yang konon mengeluarkan suara tek tek saat dihisap. Saya mencoba membagi salah satu rokok kretek terkenal dari Indonesia kepada teman teman saya di Rusia. Alhasil tidak ada satupun mereka yang suka dengan rokok kretek. Rasanya terlalu pedas menurut mereka.

harga cengkeh dalam kemasan seperti diatas 18 Gram sekitar 54 Rubel atau Rp.18.500 dengan kurs 1 Rub= Rp 350.

Author: ridhobustami

orang ngak jelas

One thought on “Гвоздика”

Leave a Reply

