Сталинград


Сталинград adalah sebuah kota dirusia yang sekarang bernama volgograd. Grad sendiri berasal dari bahasa Rusia “Город”. Stalingrad sendiri adalah kota stalin. Lazim memang pada saat itu dimana komunisme sedang mekar mekarnya nama kota dinamakan dengan nama pempimpin baik yang masih hidup maupun sudah tiada.

Image

Сталинград (2013) Stalingrad 2013 sendiri merupakan film produksi Rusia. Fim ini merupakan film Rusia 3D pertama yang diproduksi dan film Rusia pertama yang menggunakan standart IMAX (image maximum). Pertama kali saya sampai diRusia poster film ini cukup membuat saya tertarik untu menontonnya. Tetapi karena saya yakin film tersebut akan berbahasa Rusia dan saya tidak akan mengerti, saya urung untuk menonton film tersebut

Da akhirnya film tersebut tersedia dalam bentuk digital. Saya mencoba menyimak film tersebut. Kesan yang saya dapat difilm tersebut kurang mengigit dari ceritanya. Sebagai contoh jikalau dibandingkan dengan film saving private ryan, film ini jauh tertinggal. tapi itu sekali lagi subyektifitas saya pibadi. ataupun jika dibandingkan dengan enemy of the gates yang menceritakan juga tentang perang stalingard.

sejenak lupakan subyektifitas saya. Awalnya film ini dimulai dengan 5 orang warga negara Jerman yang terjebak di reruntuhan bangunan disetelah terjadi gempa di jepang pada tahun 2011. Yang secara kebetulan Tim penyelamat Rusia sedang berusaha menyelamatkan mereka. Dan salah satu orang penyelamat berkata saya memiliki seorag ibu dan 5 orang ayah, dan Seorang wanita dari Jerman bertanya bagaimaana bisa?

Dimulailah cerita tentang pertempuran di Stanlingard pada perang dunia ke 2. Dengan Plot secara garis besarnya adalah 5 orang tentara Rusia dan satu orang wanita mempertahankan satu Rumah yang memang dimiliki oleh wanita tersebut.

Beberapa sudut romantisme coba ditampikan disini, seperti jatuh citanya seorang perwira Jerman terhadap wanita Rusia, walaupun mereka sama sama tidak mengerti bahasa satu sama lain. Dan kelima orang tersebut juga denga satu wanita dirumah tersebut.

Battle of Stalingrad memang salah satu peperangan terhebat yang pernah ada dan banyak memakan korban jiwa. Dan dapat dikatakan juga dikarenakan dua pemimpin yang keras kepala antara Stalin dan Hitler. Dimana keduanya tidak akan menyerah untuk merebut atau mempertahankan kota ini. walaupun pada awalnya kota ini sudah tidak masuk perhitungan lagi oleh sovyet pada perang dunia ke 2. Dan dapat dikatakan kota ini juga merupakan blunder terbesar Hitler dalam perang dunia ke 2 yang mengakibatkan kekalahan pada pihak Jerman.

Setting Rumah dalam film ini pun konon katanya mengambil dari dom Pavlova tetapi jikalau saya tidak salah mengutip cerita film ini tidak ada koneksi atau kesamaan dalam cerita dom pavlova yang sebenarnya. 

 

Author: ridhobustami

orang ngak jelas

Leave a Reply

