Negeri 5 menara


5menaraNegeri 5 menara… Sudah hampir sebulan lebih itu buku melongok saja disebelah tempat tidur…. Selain tebalnya berisi 416 halaman yang membuat rada ngantuk memulainya… akhirnya semenjak 4 hari yang lalu memulai membacanya… yang paling sulit emang memulai…. 🙂

Orang Berlilmu dan beradab tidak akan diam dikampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah kenegeri orang
Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
Berleha-lehalah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

Aku melihat air menjadi rusak karena diam teratahan
Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, kan keruh menggenang

Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa
Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa
Jika di dalam hutan

-imam syafii-

Kata kata dari imam syafii yang ditulis dibuku ini setelah daftar isi dan ucapan terima kasih cukup membuat semangat untuk membaca lebih lanjut…..


Dengan gaya bahasa yang ringan dan menarik buku karangan A. Fuadi yang berdasarkan kisah nyata dengan tingkat kedetailan latar dan tokoh menjadikan buku ini seperti hidup terbayang di pikiran kita

Sebuah novel yang berceritakan seorang anak (alif) dari tepi Danau Maninjau Sumatra Barat dengan segala keterpaksaannya merantau ketanah jawa untuk mendalami agama dipondok di jawa timur.

Bercerita tentang kegalauan hatinya sampai akhirnya mendarat di tanah jawa dan disambut dengan semboyan pondok yang menjadi semacam semboyan hidup man jadda wa jada berhasil membentuk pribadi yang kokoh bermental baja dan fasih dalam berbahasa dalam hal ini inggris dan arab. Kefasihan berbahasa inipun tak lepas dari metoda pengajaran yang kadang kadang ”memaksa” diadakan dipondok tersebut.

Sebagian besar buku ini bercerita bagaimana kehidupan di pondok dan mengenai persahabatan yang erat akan 6 orang alif, baso dari gowa, atang dari bandung, raja dari sumatra barat, said dari ampel surabaya, dulmajid dari madura. Dengan segala mimpi dan ketekunan dan yang paling penting keikhlasan yang mereka temukan di pondok ini terseut mengantar mereka menggengam mimpi meraka masing masing

Mimpi tentang dunia melalui bentuk awan setidaknya telah mereka wujudkan, America, Eropa, Asia afrika, dan Indonesia menjadi perwujudan mimpi mimpi mereka berenam

Sedikit penutup bab terakhir buku ini ”man jadda wajada, siapa yang bersungguh sungguh akan berhasil…

Selamat membaca……. (recommended)…. untuk uda Alif ditunggu sambungan bukunya.. 

informasi
www.negeri5menara.com dan http://fuadi.multiply.com

Advertisements

Author: ridhobustami

orang ngak jelas

18 thoughts on “Negeri 5 menara”

  1. “Orang Berlilmu dan beradab tidak akan diam dikampung halaman
    Tinggalkan negerimu dan merantaulah kenegeri orang
    Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
    Berleha-lehalah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang”

    jangan di kampung jakarta mulu do… ke medan sini gih!

  2. 3. Adham Somantrie
    anyok dham…, mimpi ane ke arab ntu….
    hehehe ayat cinta edisi bersambung yee….. AAC2

    4. srikandiindonesia
    monggo mbak mega….

    5. bulbul
    suwun suwun mas…..
    salam kenal juga yak…

  3. Negeri 5 menara itu apakah mesir ? 🙂 orang biasanya menyebutnya negri seribu menara…pingin sekali bisa kesana…menikmati indahnya nil…. malam-malam di alexandria…atau riuh-nya kota cairo..kapan ya bisa kesana ? 🙂

  4. ayu catur
    hahhaha bisa aje…… bener juga yak…
    kaga perlu ke china…. kejauan.. dimari juga banyak orang china 😀

    diajeng
    suwun mbak ude mau mampir…..
    bukan mesir sepertinya mbak.. seinget saya (maklum cepet lupa) 😀 menara dimari bermaksud sebagai mimpi mimpi dari anak anak tersebut
    wahh nampaknya mbak bercita cita pengen ke mesir yah….
    monggo dilanjut ke tetangga sebelahnya

  5. kartikarahmawati
    ayo ayo semangat mpok….
    daku tunggu tulisan tulisannya……

    rizky ardiansyah
    ayooo jek… kasur gw ude mau jebol nih
    ngak ada lawanye dah jek… orang daerah ente emang jawaranye…. CAH Rantau……

  6. hmm…sama ternyata, buku ini sudah ada di meja sejak 3minggu lalu, mau baca kok blm berkenan melihat tebalnya, padahal udah banyak yang bilang bagus,,tar deh dibaca..smangaaaaaaattt!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s